Pembangunan Infrastruktur Harus Ditunjang SDM yang Mumpuni

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Senin (10/12/2018). (Suara.com/Dian Kusumo Hapsari)

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dirancang untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta kepada pemerintah daerah untuk menggunakan dana transfer daerah dan dana desa dipergunakan dengan sebaik mungkin.
Pasalnya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dirancang untuk mendukung kesejahteraan masyarakat yang semakin adil dengan pemerataan sosial mendorong pertumbuhan ekonomi.
“Kita harus menggunakan TKDD dengan baik. Berfokus pada dampak. Dampak positif akan menjadi indikator atas efektifitas penggunaan TKDD,” kata Sri Mulyani saat menjadi keynote speaker dalam Sosialisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) di Gedung Dhanapala Kemenkeu, Senin (10/12/2018).
Selain itu, Sri Mulyani juga meminta kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.
Pasalnya, selama ini pemerintah telah fokus dalam pembangunan infrastruktur. Sehingga faktor-faktor untuk menunjang jalannya infrastruktur harus didukung SDM yang mumpuni.
Menurutnya, hingga saat ini pemerintah belum memanfaatkan anggaran pendidikan dengan sebaik mungkin.
“Beberapa daerah anggaran pendidikan 20 persen belum tercapai, (anggaran) kesehatan di pusat 5 persen, daerah 10 persen belum tercapai. Ini perlu di-redesain," ungkapnya.
“Daerah harus terus memperbaiki berbagai pelayanan khususnya pada pelayanan kesehatan dan pendidikan. Perbanyak kegiatan kursus dan pendidikan vokasi. Kita membutuhkan lebih banyak masyarakat yang terampil,” lanjutnya.
Sumber : suara.com/bisnis/2018/12/10/123717/pembangunan-infrastruktur-harus-ditunjang-sdm-yang-mumpuni
Share:

Recent Posts